0 Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk

Memperbaiki Bad Sector pada Harddisk, sebelum membahas cara mengatasi Bad Sector, Ada baiknya kita ketahui pengertiannya. Bad Sector pada harddisk adalah kerusakan salah satu atau sebagian lokasi pada piringan data pada HDD.

SEBAB MUSABAB TERJADI BAD SECTOR

Biasanya hal ini terjadi karena adanya pemutusan arus listrik (daya) secara mendadak, jadi HDD tidak mati secara benar (mati mendadak). Mati mendadak HDD ini bisa disebabkan karena padamnya listrik. Kemudian pada HDD eksternal proses melepaskan HDD tidak melalui prosedur yang benar, jadi main langsung cabut saja. Prosedur yang benar pelepasan HDD Eksternal adalah dengan mengklick kanan logo USB pada try icon windows di pojok sebelah kanan bawah, lalu pilih “Eject” sehingga HDD mati secara benar baru dicabut sumber daya listriknya (USB).
http://dediuciha.blogspot.com/

CIRI-CIRI BAD SECTOR

  • HDD menjadi sangat lemot
  • HDD tidak terbaca sama sekali di Komputer
  • Piringan HDD sering berhenti berputar

CARA MENGATASI BAD SECTOR

Persiapan :
  • Siapkan HDD yang error (Bad Sector)
  • Komputer, Kabel SATA atau ATA, Kabel power dari PSU ke HDD
  • Laptop, Tempat HDD eksternal, Kabel USB
  • Software untuk memperbaiki Bad Sector
Gunakan Komputer atau Laptop yang masih berfungsi untuk memperbaiki HDD Bad Sector. Untuk Komputer hubungkan HDD ke motherboard dengan kabel SATA atau ATA, dan jangan lupa hubungkan kabel power. Laptop gunakan tempat HDD Eksternal (biasanya sudah ada kabel USBnya), masuk HDD ke tempat HDD Eksternal dan hubungkan ke laptop menggunakan kabel USBnya. Instal dan jalankan softwarenya, chek terlebih dahulu seberapa parah kerusakan HDD, setelah mendapatkan data kerusakan HDD, klik tombol untuk memperbaiki.
Proses memperbaiki Bad Sector biasanya sangat lama (Tergantung kerusakan), program akan membaca satu persatu sector yang terdapat pada HDD. Pastikan Anda mempersiapkan kalau-kalau listrik padam sehingga komputer atau laptop Anda tidak mati secara mendadak karena akan berakibat fatal, HDD yang Anda perbaiki bisa menjadi semakin parah.

Pilih dan DOWNLOAD Programnya di bawah ini :

  1. HDD Bad Sector Repair V.2.0 http://mail.salvationdata.com/data-recovery-freewares/hdd-sector-repair-c.htm
  2. Ariolic Disk Scanner
  3. Flobo HDD Repair
  4. Disk Patch

0 comments:

Post a Comment

 

kingdom dfc Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates