disini saya akan men share foto dan petunjuk2 singkat n insyaallah berguna..disi saya kebanyakan menggunakan barang bekas n saya buat seminim mungkin biayanya nanti saya rincikan biaya saya n jika beli bahan2 baru.serta nanti anda dapat bandingan harga apabila anda membeli inkubator yg ada di pasaran..tentunya di bandingkan dgn harga n kapasitas telur akan jauh beda dan lbih aman.panas lebih rata apabila membuat sendiri..dan bisa buat mengisi waktu luang anda bisa dgn anak,dll tentunya bisa jadi kebanggan tersendiri..yg beli dipasaran bnyak orang punya yg bikin sendiri hanya ada 1 di dunia..wkwkwkwkw

pertama2 siapkan bahan2 bekas/baru..KAPASITAS YANG SAYA BUAT LBIH 140 BUTIR AYAM KAMPUNG

1.kayu reng secukupnya atau 5 kayu reng

2 kipas 1 biji

3.triplek/fiber secukupnya/1 lembar

4.fitting dan lampu 4 biji (knp 4 biji krn untuk cdngan lampu klo suhu drop)

5.thermostat (memutus arus listrik klo panas dan sbaliknya)

6.thrmomrter (cek suhu)

7.kaca, engsel kecil dan kawat strimin yg lubang kecil dan strerofom/gabus 2lmbar tebal 2cm dan nampan air

setelah barang2 di siapkan mulailah merangkai mesin tetas dengan memotong kayu reng sesuai ukuran yang kita inginkan.contoh di atas uk L40xP50xT60 lalu di bentuk balok

setelah itu membuat yg akan menjadi pintu

setelah smua jadi potong tripek dan paku pada sisi2 balok hingga tutup  rapat.setelah itu buat dudukan dari kawat or apa saja sesuai dengan ide kreatif anda.pasang pintu dan kawat buat penahan tempat telur.contoh sederhana

lapisi bagian dalam mesin tetas dengan sterofom/gabus agar panas dalam mesin penetas stabil dan tidak mudah hilang panasnya (penahan panas)..lalu pasang fitting lampu pada sudut2 dan membuat ventilasi dan pasang kipas di salah 1sudut..lalu pasang thermostat bebas mau ditaruh dmn saja asal jgn dekat lampu (cara pemasangan nya sama kyk masang saklar lampu dri colokan masukan dulu ke thermostat baru masuk ke lampu)..contoh sederhana mesin tetas yg sudah finish

NB:

saya share mesin tetas ini sebelumnya sudah saya uji dulu..dan sampai skrng masi saya gunakan dan tingkat keberhasilan woow sangat maknyus jarang ada embrio yang mati..yg tdk netas biasanya telur invertil/tidak di buahi/gak ada sel sperma di telur

mesin tetas yg saya buat tingkat 2 jadi kapasitasnya banyak bs 140 lebih telur ayam kampung/aduan

lubang ventilasi secukupnya saja letakan pada bagian samping atas

rankaian listrik yg saya lakukan  dari colokan masuk ke thermostat lalu saya masukan lagi ke saklar lalu kelampu mengapa demikian???karena saya tidak menyalakan semua lampu jadi 1 lampu 1 saklar..maap gk bsa buat skemanya bkn ahli dlm kelistrikan tp bs masang.heheeheh dinyalain semua klo suhu drop..shari2 saya hnya menyalakan 2 lampu saja tiap lampu berdaya 5w jadi 5wx2= 10w saya rekomendasikan merk lampu bolam adalah FOKUS krn sangat panas..inkubator tidak perlu terang yg di perlukan adlah panas…..

rincian biaya yg saya gunakan

kayu reng………………………….sisa bangun kandang

kipas 1biji………………………….30.000

fitting n lampu 4biji…………….20rb(lampu bohlam merk FOKUS krn puanase pol)

kawat strimin……………………sisa bangun kndang

tripek/fiber ………………………sisa bangun rumah

sterofom/gabus 2…………………7.000

thermostat………………………….30.000

kaca ………………………………….sisa dulu2

engsel…………………………………2.500

paku n skrup………………………..5000 (sisa bnyaak)

nampan air …………………………ambil didapur..hehehe

total biaya…………………………..94.500

murah kan..knp hrs beli kalau murah kpsitas bnyak

ini rincian biaya kalau beli bahan2 baru smua

kayu reng 5biji………………………….10.000

kipas 1biji………………………………..30.000

fitting n lampu 4biji…………………..20rb(lampu bohlam merk FOKUS krn puanase pol)

kawat strimin 1meter…………………15.000

tripek/fiber 1lembar…………………50.000

sterofom/gabus 2……………………..7.000

thermostat……………………………..30.000

kaca …………………………………….9000 (kyknya lbh murah)

engsel…………………………………..2.500

paku n skrup………………………..5000 (sisa bnyaak)

nampan air …………………………7000

total biaya…………………………..185.500

harga apa bila smw beli baru bisa dibandingkan dgn inkubator di pasaran…inkubator di pasaran 30butir telur harga 200rb wow sangat mahal blm make kipas lagi..jd panas kurang rata menurut saya….

tips penetasan cara go4bettab Breeder:

1.      suhu di set skitar 37-38 derajat Celcius/100 F….telur 3 hari pertama masuk inkubator tidak di bolak balik dulu

2.     mulai hari ke4 bolak balik telur 180 derajat 3xshari.pagi siang sore.

3.     5-7hari sudah kliatan telur yg akan menetas dan tidak dengan cara di teropong apabila di teropong ada garis atau titik itulah yg di harapkan krn embrio berkembang

4.     nampan air jangan sampai kering….air berguna untuk menjaga kelembaban..klo saya makai kelembababn 65% nama alatnya hygrometer beli di toko kamera bnyak n murah kok…tp gk pake jg gpp..lbh baik klo ada…krn klembaban jg ngaruh bgt

5.     cara ngeset kelembaban klo terlalu lembab perbesar ventilasi dan sebaliknya….

6. ngatur thermostat  panas kurang sudah putus tabungnya bisa di putar kebelakang dan sebaliknya..

Sumber : https://go4bettab.wordpress.com/2012/02/26/mesin-tetasinkubator-ayambebekburungdll-sederhana-ngapain-harus-beli-barang-bekasbaru-pun-jadi/