0 august comte


Lahir pada tahun 1798, Auguste Comte tumbuh setelah Revolusi Perancis. Ia menolak agama dan royalti, bukan fokus pada studi tentang masyarakat, yang ia beri nama "sosiologi." Dia mematahkan subjek menjadi dua kategori: kekuatan memegang masyarakat bersama-sama ("statika sosial") dan mereka yang mengemudi perubahan sosial ("dinamika sosial"). Ide Comte dan penggunaan metode ilmiah sangat maju lapangan. (Lahir 19 Januari 1798, Montpellier, Perancis-meninggal September 5, 1857, Paris) Prancis filsuf dikenal sebagai pendiri sosiologi dan positivisme. Comte memberi nama ilmu sosiologi dan didirikan subjek baru secara sistematis. Kehidupan. Ayah Comte, Comte Louis, seorang pejabat pajak, dan ibunya, Rosalie Boyer, adalah sangat royalis dan sangat tulus Katolik Roma. Tapi simpati mereka bertentangan dengan republikanisme dan skeptisisme yang melanda Prancis pada masa setelah Revolusi Perancis. Comte diselesaikan konflik-konflik ini pada usia dini dengan menolak Katolik Roma dan royalism sama. Dia adalah intelektual dewasa sebelum waktunya dan pada tahun 1814 memasuki cole Polytechnique-sekolah di Paris yang telah didirikan pada 1794 untuk melatih insinyur militer tapi segera berubah menjadi sekolah umum untuk maju ilmu.
 Sekolah ini ditutup sementara pada 1816, namun Comte segera mengambil tempat tinggal permanen di Paris, mendapatkan hidup genting ada oleh pengajaran matematika dan sesekali oleh jurnalisme. Dia banyak membaca buku filsafat dan sejarah dan terutama tertarik pada para pemikir yang mulai membedakan dan melacak urutan beberapa dalam sejarah masyarakat manusia. Pemikiran beberapa filsuf penting politik Perancis abad 18-seperti Montesquieu, Marquis de Condorcet, A.-R.-J. Turgot, dan Joseph de Maistre-kritis yang bekerja ke sistem sendiri pikiran. Kenalan Comte yang paling penting di Paris Henri de Saint-Simon, seorang reformis sosial Perancis dan salah satu pendiri sosialisme, yang pertama untuk melihat dengan jelas pentingnya organisasi ekonomi dalam masyarakat modern.
Ide Comte sangat mirip dengan Saint-Simon, dan beberapa artikel paling awal muncul dalam publikasi Saint-Simon. Ada perbedaan yang berbeda dalam sudut pandang dua pria dan latar belakang ilmiah, bagaimanapun, dan Comte akhirnya memutuskan hubungan dengan Saint-Simon. Pada tahun 1826, Comte memulai serangkaian kuliah tentang "sistem filsafat positif" nya untuk audiensi pribadi, namun ia segera mengalami gangguan mental serius. Dia membuat pemulihan hampir lengkap dari gejala nya pada tahun berikutnya, dan dalam 1828/29 ia kembali mengambil serangkaian kuliah yang diproyeksikan itu. Ini begitu berhasil menyimpulkan bahwa ia redelivered itu pada Athenaeum Kerajaan selama 1829-30. Ke-12 tahun berikutnya dikhususkan untuk publikasi (dalam enam volume) filsafatnya dalam sebuah karya berjudul Cours de Philosophie positif (1830-1842; "Kursus Filsafat Positif";. Eng trans Filosofi Positif Auguste Comte.).
Dari 1832-1842 Comte adalah seorang guru dan kemudian penguji di Polytechnique cole kembali. Pada tahun kedua ia bertengkar dengan para direktur sekolah dan kehilangan jabatannya, bersama dengan banyak penghasilannya. Selama sisa hidupnya ia didukung sebagian oleh pengagum Inggris seperti John Stuart Mill dan oleh murid-murid Prancis, terutama ahli bahasa dan ahli kamus Maximilien Littre. Comte menikah Caroline Massin pada tahun 1825, tetapi pernikahan tidak senang dan mereka berpisah pada tahun 1842

0 comments:

Post a Comment

 

kingdom dfc Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates